Peringati Hari Al-Quds di Iran, Ketua HPI Iran Apresiasi Konsistensi Pemerintah Dukung Palestina

Masyarakat kota Qom menggelar pawai dan aksi damai dalam rangka memperingati Hari Al-Quds Sedunia pada Jumat (29/4/21). Aksi tersebut dimulai pada pukul 10.00 pagi waktu setempat. Masyarakat berkumpul di titik start yang tersebar di 17 tempat di kota Qom.

Di titik start, kegiatan dimulai dengan pidato yang disampaikan oleh tokoh setempat disusul dengan paduan suara yang dibawakan oleh para remaja. Setelah itu, masyarakat berpawai dari 17 titik tersebut menuju ke Masjid Quds yang terletak di pusat kota Qom sebagai titik temu peserta aksi.

Kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan pidato yang dibawakan oleh Ayatullah Saidi dan ditutup dengan pelaksanaan Shalat Jumat di Masjid Quds.

“Hadirnya kita pada momen-momen seperti ini memiliki nilai yang besar,” ujar Sayyid Mahdi Alatas, Ketua Himpunan Pelajar Indonesia (HPI) Iran yang hadir dalam kegiatan tersebut bersama para pelajar dan masyarakat Indonesia di kota Qom.

“Ketika kita dihadapkan kepada sebuah fenomena di mana ada sekelompok manusia menindas manusia lainnya, merampok, membunuh, dan mengusir penghuni rumah dari rumahnya, tentu sebagai seorang manusia nurani kita akan terusik,” tambahnya.

Selain kota Qom, aksi serupa digelar di kota-kota lain di seluruh penjuru Iran. Peringatan yang dicetuskan oleh Ayatullah Khomeini ini juga diperingati di seluruh belahan dunia lainnya di semua benua tak peduli apa bangsa dan agamanya. “Ini adalah bukti, bahwa pembelaan terhadap palestina ada panggilan fitrah manusia. Peringatan Hari Al-Quds yang semakin lama semakin besar ini menunjukkan kepada Amerika dan Israel bahwa akan selalu ada manusia-manusia pecinta keadilan, berdiri di hadapan kezaliman mereka,” ujar Sayyid Mahdi Alatas.

Berbicara terkait kehadirannya dalam aksi peringatan Hari Al-Quds, ia menjelaskan: “Kami di sini tidak akan pernah membiarkan palestina sendirian. Kami akan terus meneriakkan ‘mampus amerika’, ‘mampus israel’, dan ‘jayalah palestina’.”

Sayyid Mahdi Alatas lebih lanjut mengapresiasi konsistensi pemerintah terkait isu Palestina dan mengungkapkan rasa bangganya atas warga Indonesia. “Pembelaan terhadap palestina juga merupakan amanat konstitusi negara kita. Saya merasa bangga, karena warga negara indonesia konsisten mendukung pembebasan palestina dan perlawanan terhadap pendudukan rezim zionis Israel. Saya juga sangat mengapresiasi Presiden Joko Widodo beserta jajaran menteri dalam pemerintahan beliau, terutama menteri luar negeri Ibu Retno Marsudi, yang sampai saat ini menolak hubungan diplomasi Indonesia dengan Rezim Zionis Israel.” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *